Di Lembah Tetapi Kok Pantai Cermin?

Saatnya mengunggah tentang kampung halaman kembali. Pantai Cermin, salah satu kecamatan di Kabupaten Solok. Terletak di ujung jalan menuju Kabupaten Solok Selatan. Tempat bercampur baurnya masyarakat darek dan rantau, alias perbatasan. 


Orang Pantai Cermin, baik Surian ataupun Lolo, pasti sering ditanya begini: "itu kan berada di antara pegunungan, kenapa namanya Pantai Cermin?"


Apa yang selama ini menjadi jawaban kalian kalau ditanyai seperti itu? Sebagian besar pasti bingung untuk menjawab. Coba tuliskan jawaban bingung itu di komentar. 


Kali ini aku akan menyampaikan dua alasan kenapa kecamatan kita bernama Pantai Cermin. Cerita ini kudapatkan dari dua orang yang berbeda pula tentunya. Satu kudapatkan ketika di awal-awal merantau di masa SMA, satu lagi kudapatkan ketika mencari-cari objek untuk bahan kajian kelas Sastra Lisan. 


Danau yang Memiliki Pinggiran seperti Pantai
Cerita ini dulu muncul ketika aku sudah bersekolah di SMAN 1 Gunung Talang. Setiap naik angkutan umum Muara Labuh-Solok, selalu saja ada yang menanyakan seperti halnya yang aku sebutkan di awal tulisan ini. Akhirnya aku bertanya kepada Amak tentang hal itu. 


Berceritalah Amak, kata beliau di atas salah satu bukit dekat Ladang Padi itu ada cekungan tanah yang terisi air. Entah itu air hujan, entah itu memang ada mata air. Di air itu kita bisa bercermin. Pinggiran air itu berpasir seolah-olah di pantai. Makanya bernamalah Pantai Cermin. 


Namun menurutku, cerita versi Amak ini adalah pelepas jawab bagiku kalau nanti ada yang bertanya lagi. Dan mungkin ada ceritanya yang sedikit bergeser di tulisan ini karena dulu aku diceritakan tanpa ada rekaman suara, hanya mengandalkan rekaman ingatan saja. 


Pantulan Area dari Balik Perbukitan
Versi kedua yang aku dapat tentang cerita dibalik nama Pantai Cermin ini kudapatkan dari Ayah Rajo Alam, suami Umik di Ladang Padi. Sumando kalau dalam persukuanku, tetapi aku secara pribadi menghormati beliau lebih dari itu. Sudah tua tetapi masih tampan dan tajam pemikiran beliau. Hampir semua orang penting di nagariku akan meminta wejangan beliau sebelum mencalon, entah mencalon apapun itu. Bahkan mencalonkan diri menjadi menantu idaman juga akan minta wejangan kepada beliau. 


Beliau mengisahkan nama Pantai Cermin itu memang karena perkampungan kita bersisian dengan kawasan rantau pasisia, tepatnya dengan Kabupaten Pesisir Selatan. Di salah satu bukit ke arah utara, beliau menyebutkan memang ada sebuat bukit yang dinamai dengan Pantai Cermin. Di puncak bukit itulah kita dapat melihat hamparan rantau pasisia dan Kecamatan Pantai Cermin secara bersisian. Di puncak bukit itulah kalau kata Ayah Rajo Alam "mancamin ka pantai awak" (bercermin ke Pantai kita). 


Nah, kira-kira bagi warga Pantai Cermin punya versi yang lain dari cerita nama kecamatan kita tidak? Kalau ada bolehlah berbagi untuk memperkaya cerita dari kampung kita sendiri. 


Terima kasih dan tunggu tulisan tentang Pantai Cermin yang lainnya juga. 

Komentar

  1. Ada juga yang bilang kalau sebenarnya di balik perbukitan pantai cermin itu ada sebuah danau yang jernih dan terlihat seperti cermin, namun sampai sekarang belum ada yang menemukan apakah danau itu benar2 ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sama nih dengan cerita versi pertama yang aku tulis nih.. tetapi terima kasih sudah singgah dan memberikan komentar. :)

      Hapus
  2. Cerita tentang pantai cermin pada paragraf tentang ayah rajo alam sebaiknya ndak usah di kembangkan..krn pembaca hanya fokus pada pokok pembahasan yaitu pantai cermin.

    Saran buat penulis : hrs lebih byk data dan literasi dalam mengungkap fakta.



    Jangan lupa traktiran makan baksonya ...di tunggu...

    BalasHapus
  3. Oooo baitu asal usul nagari di lembah tapi banamo PANTAI CAMIN.

    Eh, tapi paralu dicari info yang labiah akurat. Mungkin dari Pemda atau dari perpustakaan.

    Tapi minimal alah bausaho mancari tahu.

    Good !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap laksanakan, Pak Uwo. Reza baru dapat dari cerita masyarakat saja dulu. Buku tentang Pantai Cermin ini belum ketemu yang menjelaskan kenapa bernama Pantai Cermin ini. Terima kasih Pak Uwo :)

      Hapus
  4. Assalammu'alaikum kk. Cerita yang selanjutnya tentang kampung kita udah ada atau belum kk?

    BalasHapus
  5. Assalammu'alaikum kk. Cerita yang selanjutnya tentang kampung kita udah ada atau belum kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa sih udah.. harus pulang kampung lagi nih, biar dikumpulkan satu per satu. Huhu. Kalau ada saran dan cerita lain boleh juga nanti berbagi :)

      Hapus
  6. Kalau kata guru ulan kak, sama dengan isi blog kakak.

    BalasHapus
  7. bakal dalam banget sih kalau semua daerah Minangkabau ditelusuri asal usul namamya 🤣 banyak banget nama yang bikin bertanya tanya kayak pantai cermin ini.

    BalasHapus
  8. Ooh gitu ya ceritanya Ka Re hehe... klw digali lebih banyak lagi, pasti banyak versi lah ya, bagaimana awal nama pantai cermin ini. Mau dong jalan2 ke sana hehe..
    Semangat terus ya nulisnya 🥰🙏🤗

    BalasHapus

Posting Komentar